Thursday 13 October 2011

RAMUAN TRADISIONAL

RAMUAN TRADISIONAL adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan2 alamiah sebagai bahan bakunya.Tidak dapat dipastikan sejak kapan ramuan tradisional digunakan untuk pengobatan. dari informasi yang berkembang selama ini, disebutkan bahwa pengobatan tradisional telah dilakukan oleh nenek moyang sejak zaman dahulu, dan diwariskan secara turun temurun kepada anak cucunya.
Selain di Indonesia, ramuan tradisional juga dapat ditemukan di negara-negara lain, diantaranya cina, jepang, korea, malaysia, india, suku indian di Amerika dan berbagai negara di Afrika. dengan situasi negara Indonesia saat ini, harga2 terus melonjak tinggi. Penggunaan ramuan tradisional tentu saja dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan yang lebih menguntungkan. Ada beberapa alasan yang mendukung pilihan tersebut :
1. harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat-obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat-obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.
2. bahan ramuan tradisional mudah didapat disekitar kita, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga. cara menanamnya relatif mudah dan tidak membutuhkan halaman yang luas. selain itu,  dipasar-pasar tradisional banyak terdapat kios yang menjual bahan baku obat tradisional.
3. pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat didapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar.

No comments: