Wednesday 18 November 2015

Pembuatan Blok Parafin Patologi Anatomi


Dalam pembuatan blok parafin, sangat penting untuk diperhatikan orientasi jaringan dengan benar sehingga akan doperoleh        potongan sediaan representatif,
            Perlu diperhatikan cara peletakan      jarinagn permukaan / mulosa (usus, endometrium, buli, ureter, pembuluh darah besar, dll), dinding kista       dan kulit agar dapat    merepresentasikan seluruh lapisan yang ada         secara utuh.
                        Melakukan “embeding” jaringan kerokan juga harus diyakini            bahwa             seluruh keping jaringan berada di permukaan sehingga akan           muncul secara utuh dalam pemotongan dengan mikrotom. Jangan            lupa memeriksa apakah nomor pada blok parafin masih jelas sebelum       dipotong.
                        Sebelum dilakuakn pemotongan blok parafin didinginkan pada        lempeng pendingin/ es batu/ lemari es. Pemotongan menggunakan          mikrotom  dilakukan dengan pisau yang tajam/ disposable.
Pita parafin dimekarkan dengan cara yang beragam, antara lain dengan    menggunakan penangas air atau ditempatkan langsung pada kaca benda        yang telah dibasahi air kemudian diletakkan pada lempeng penghangat             dengan suhu 60oC.

Ringkasan Langkah Pewarnaan
HEMATOXYLIN - DIFERENSIASI-AIR KRAN - EOSIN - DEHIDRASI - CLEARING -MOUNTING - Lihat Di mikroskop, Inti: BIRU , Sitoplasma :Merah



No comments: