Friday 8 November 2019

Persiapan Instalasi Laboratorium dalam Rangka Akeditasi Rumah Sakit

Semangat pagi kawan, disini saya akan membagikan pengalaman saya dalam memeprsiapkan laboratorium menghadapi akreditasi KARS.

KARS, organisasi non profit yang mengusung visi untuk menjadi badan akreditasi tingkat nasional dan internasional. Juga, punya misi untuk membimbing dan membantu rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui akreditasi, telah mendapatkan pengakuan internasional dari The International Society for Quality in Health Care (ISQua).

Dalam akreditasi Rumah Sakit salah Satu penilaianya adalah di laboratorium, dimana masuk dalam Asesmen pasien poin 5. Apa sih yang harus di persiapkan sebelum kreditasi? sebenarnya ada banyak, tapi akan untuk lebih mudah akan di bedakan menjadi 2 yaitu dokumen dan non dokumen.

untuk dokumen bisa berupa pedoman-pedoman, SPO (Standar Prosedur Operasional), Dokumen kalibrasi,MSDS,monitoring suhu,monitoring maintenance, PMI,PME, laporan2, dll

Non dokumen meliputi sarana prasarana, petunjuk, Kelengkapan alat, dan yang paling penting fisik dan mental karyawan.

mungkin dari sini ada masukan dari teman-teman, untuk elemen penilaian akan saya bahas tersendiri di postingan selanjutnya...silahkan share postingan saya apabila bermanfaat

No comments: